Ads

Akun Instagram Disuspend? Beginilah Cara Mengembalikannya!!



Assalamualaikum... 
        Instagram adalah salah satu platform media sosial yang telah merevolusi cara kita berbagi dan berinteraksi dengan dunia secara digital. Instagram telah tumbuh menjadi salah satu platform paling populer dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan.

        Platform ini terkenal karena fokus pada berbagi foto dan video singkat, tetapi seiring berjalannya waktu, ia juga memperkenalkan berbagai fitur seperti Instagram Stories, dan Reels.

        Dengan terus berkembangnya teknologi dan tren digital, Instagram tetap menjadi salah satu platform utama yang membentuk cara kita berinteraksi dalam dunia online saat ini.

        Namun akhir akhir ini Instagram sepertinya memiliki banyak kendala seperti bug, error, atau masalah yang tiba tiba muncul, hal ini di alami oleh sebagaian pengguna tertentu. Salah satu yang sedang hangat dan saya juga mengalaminya baru baru ini sebelum artikel ini di post, yaitu Akun Instagram yang tiba tiba di suspend.  

Solusi Pengembalian Akun!

Sebelum membahas kenapa bisa di suspend, saya ingin membahas dahulu solusi yang harus dilakukan saat mendapatkan masalah tersebut.

Tampilan Instagram ketika mencoba untuk login

Pertama, setelah muncul halaman keterangan bahwa akun kita telah disuspend seperti gambar pada Kenapa bisa disuspend?. lalu akun Instagram langsung di suspend, dan kita akan di arahkan keluar atau ke akun lain yang telah login di aplikasi Instagram yang digunakan. Ketika ingin mencoba login kembali ke akun yang disuspend tersebut, maka akan muncul pop-up seperti gambar "Error" diatas yang menyatakan bahwa akun kita telah di non-aktifkan.
Pada pop-up pemberitahuan "Error" tersebut, terdapat tombol "Appeal" atau Banding, yang akhirnya mengarahkan kita ke form Aju Banding seperti gambar berikut.


Form tersebut juga dapat di akses melalui situs resmi milik Instagram yaitu Help Instagram. Di halaman tersebut terdapat beberapa opsi dan kolom yang perlu di isi.
  • Pertama, silahkan pilih opsi "I understand and wish to continue."
  • Lalu pada isikan pada kolom "your name" dan juga "email address", isikan sesuai nama lengkap dan email yang Anda gunakan.
  • Kemudian pada form dibagian selanjutnya, isikan Username akun yang disuspend tersebut pada kolom "Your Instagram username". Untuk kolom dibawahnya adalah tempat menjelaskan masalah yang terjadi, dan permohonan kepada pihak Instagram untuk pengembalian akun. Disarankan menggunakan bahasa Inggris. Dan untuk bagian "Attachment" atau lampiran, bisa melampirkan screenshot yang mendukung.
  • Terakhir, centang persetujuan bahwa akun kita tidak melakukan pelanggaran apapun. Lalu klik "Send" untuk mengirimkan form tersebut ke pihak Instagram.
Setelah mengisi dan mengirimkan form tersebut, silahkan tunggu beberapa hari kedepan, dan cek apakah ada email pemberitahuan akun Instagram telah di kembalikan. Jika belum ada silahkan isi dan kirim lagi form tersebut.

Alternatif. Jika tidak bisa juga, silahkan coba isi pada form seperti gambar berikut.
 

Bedanya dengan form tadi, form ini diakses melalui link facebook, atau meta yang dapat diakses melalui link www.facebook.com/help/instagram/contact.
  • Seperti form sebelumnya silahkan isi kolom tersebut dari awal, seperti Nama Lengkap, Email, Username akun Instagram yang di suspend, nomor HP.
  • Dan penjelasan masalah apa yang terjadi, dan permohonan kepada pihak Instagram untuk pengembalian akun, lalu kirim kan form dan tunggu seperti sebelumnya, hingga ada pemberitahuan dari pihak Instagram melalui Email yang di isi diform tadi.
Jadi silahkan dicoba solusi tersebut. Jika tidak ada penyelesaian, silahkan berdiskusi di kolom komentar.

Kenapa bisa disuspend?


        Mungkin yang membaca tulisan ini juga kena masalah tersebut, jadi kenapa bisa? saya coba ceritakan awal mula akun saya di suspend instagram dan bisa kembali, akun saya mulai disuspend dari tanggal 10 Agustus dan syukurlah akun saya telah kembali.

Contoh (Source: www.reddit.com/r/Instagram)

        Saat kejadian, ketika membuka aplikasi Instagram dan mengeksplor selama beberapa menit, seperti melihat reels, atau berinteraksi dengan pengguna lain seperti komen dipostingan yang lewat, dan lainnya. Tidak lama setelah itu tiba tiba muncul pemberitahuan seperti contoh gambar diatas (gambar hanya contoh dari pengguna lain). 
  1. Melanggar Aturan Instagram
  2. Awalnya Saya cukup kaget tiba tiba muncul notif tersebut, dan agak panik dikarenakan sebelumnya saya tidak sengaja berkomentar di suatu postingan, dan komentar saya itu juga sepertinya berbau "rasis" yang hal tersebut jelas melanggar aturan Instagram. 
    Hal ini dapat menjadi penyebab akun Instagram di suspen oleh pihak Instagram jika di lakukan terus terusan, pihak Instagram akan mensuspen akun juga dengan jelas melanggar pedoman komunitas, atau atau aturan Instagram secara berulang kali.


    Status Akun

    Setelah disuspend saya mencari tahu alasan pasti kenapa akun saya disuspend oleh Instagram, apakah memang benar karena saya telah melanggar aturan instagram atau ada alasan lainnya, saya masih belum menerima alasan pertama.

  3. Kesalahan Instagram
  4. Oke, alasan selanjutnya ini sebenarnya sulit di percayai dikarenakan Instagram merupakan salah satu aplikasi raksasa milik perusahaan raksasa yaitu Meta. Namun tidak ada yang tidak mungkin semua hal bisa terjadi, ya! saya mendapatkan informasi jika Instagram telah melakukan suspend besar besaran kepada sebagian penggunanya, hal itu dikarenakan pihak Instagram sedang bersih bersih dari aku bot atau akun yang terindikasi menggunakan bot (seperti pernah menggunakan bot untuk like atau menambah follower), memang dulunya akun saya juga pernah menggunakan bot untuk menambah follower dan juga like pada beberapa postingan instagram saya, tapi jika merasa akun Anda tidak bot atau pernah menggunakan bot, kemungkinan ada alasan lain yang saya belum tau apa itu. Akibat dari masalah tersebut, banyak pengguna akun Instagram yang mengeluh karena akun mereka hilang dan juga dari kalangan publik figure juga mengeluhkan bahwa follower mereka berkurang, seperti misalnya bintang sepakbola Portugal yang juga menjadi pengguna Instagram yang memiliki followers 600 Juta lebih yaitu Cristiano Ronaldo, pemilik akun @cristiano tersebut di kabarkan followernya sempat berkurang hingga 3 juta followers, lalu juga beberapa publik figur lain ada yang berkurang sekitar 50 hingga 100 ribu followers.
Jadi, untuk masalah tersebut dapat diatasi, dan harus cepat dalam mengurus banding suspend akun Instagram, kecuali jika akun Instagram disuspend karena memang melanggar aturan pedoman komunitas Instagram yang mungkin sulit untuk di urus dan kemungkinan kecil akun di kembalikan.

Oke, terima kasih telah berkunjung. Semoga Bermanfaat~

Posting Komentar

0 Komentar